PARTIKEL ALFA

download PARTIKEL ALFA

If you can't read please download the document

  • date post

    19-Jun-2015
  • Category

    Documents

  • view

    283
  • download

    2

Embed Size (px)

Transcript of PARTIKEL ALFA

Alpha partikel Dari Wikipedia Bahasa Melayu, ensiklopedia bebas Langsung ke: navigasi, cari Alpha partikel Alphadecay.jpg Peluruhan alpha Komposisi: 2 proton, 2 neutron Statistik perilaku: Boson Simbol (s): , 2 +, He2 + Massa: 6.64465620 (33) 10-27 kg 4,001506179127 (62) u 3,727379109 (93) GeV/c2 [1] Muatan listrik: 2 e Spin: 0 [2] Partikel Alpha (dinamakan dan dilambangkan dengan huruf pertama dalam abjad Yunani, ) terdiri dari dua proton dan dua neutron terikat menjadi partikel yang identik dengan inti helium, yang dihasilkan dalam proses peluruhan alpha. Partikel alpha dapat ditulis sebagai He2 +, 42He2 + atau 42He (karena mungkin bahwa ion elektron keuntungan dari lingkungan. Selain itu, elektron tidak penting dalam kimia nuklir). Tidak semua inti helium selalu dianggap oleh semua penulis sebagai partikel alpha. Seperti partikel beta dan sinar gamma, nama partikel yang digunakan untuk membawa beberapa konotasi ringan tentang proses produksi dan energi. [3] Beberapa penulis sains dapat menggunakan inti helium doubly-terionisasi (He2 +) dan partikel alpha sebagai istilah saling dipertukarkan. Jadi, partikel alpha dapat secara bebas digunakan sebagai istilah ketika mengacu pada reaksi inti helium bintang (misalnya proses alpha), dan bahkan ketika mereka muncul sebagai komponen dari sinar kosmik. Namun, inti helium diproduksi oleh pemercepat partikel (cyclotrons, synchrotrons, dan sejenisnya) cenderung disebut sebagai "partikel alpha" karena energi tinggi yang dihasilkan oleh sumber-sumber ini menyoroti perbedaan mencolok dalam perilaku partikel mereka dari alfa klasik partikel yang dihasilkan (dan awalnya ditentukan oleh) proses peluruhan radioaktif alfa. Alpha partikel, seperti inti helium, memiliki spin bersih nol, dan (karena mekanisme produksi mereka dalam peluruhan nuklir) klasik energi total sekitar 5 MeV. Mereka adalah bentuk radiasi pengion sangat partikel, dan (ketika dihasilkan dari peluruhan radioaktif alfa) memiliki kedalaman penetrasi yang rendah. Mereka mampu dihentikan oleh beberapa sentimeter udara, atau dengan kulit. Namun, seperti telah disebutkan, inti helium tersebut yang merupakan 10-12% dari sinar kosmik energi biasanya jauh lebih tinggi daripada yang dihasilkan oleh peluruhan radioaktif, dan karena itu mampu menjadi sangat tajam, mampu melintasi tubuh manusia dan juga banyak meter padat padat pelindung, tergantung pada energi mereka.

Partikel AlfaDari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasLangsung ke: navigasi, cari

Partikel alpha terdefleksi oleh medan magnet

Radiasi alpha terdiri dari nukleus helium-4 dan dapat dengan mudah dihentikan dengan selembar kertas saja. Radiasi beta, yang terdiri dari elektron, dapat dihentikan dengan lempengan aluminium. Radiasi gamma diabsorbsi secara perlahan pada saat mempenetrasi material yang padat.

Partikel Alfa Partikel Alpha (dinamakan sesuai huruf pertama pada abjad Yunani, ) adalah bentuk radiasi partikel yang sangat menyebabkan ionisasi, dan kemampuan penetrasinya rendah. Partikel tersebut terdiri dari dua buah proton dan dua buah neutron yang terikat menjadi sebuah partikel yang identik dengan nukleus helium, dan karenanya dapat ditulis juga sebagai He2+. Partikel Alpha dipancarkan oleh nuklei yang radioaktif seperti uranium atau radium dalam proses yang disebut dengan peluruhan alpha. Kadang-kadang proses ini membuat nukleus berada dalam excited state dan akan memancarkan sinar gamma untuk membuang energi yang lebih. Setelah partikel alpha dipancarkan, massa atom elemen yang memancarkan akan turun kira-kira sebesar 4 amu. Ini dikarenakan oleh hilangnya 4 nukleon. Nomor atom dari atom yang bersangkutan turun 2, karena hilangnya 2 proton dari atom tersebut, menjadikannya elemen yang baru. Contohnya adalah radium yang menjadi gas radon karena peluruhan alpha. Partikel Alpha tidak dapat menembus kertas yang agak tebal karena muatannya. Artikel bertopik fisika ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya. Artikel bertopik kimia ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.