Gelombang Pantul Pada Kabel Koaksial

of 8/8
Nama : Putri Ardiana Puspita Sari NRP : 1203131040 Kelas : 2D3TB GELOMBANG PANTUL PADA KABEL KOAKSIAL TUJUAN : Mahasiswa dapat mengamati gelombang pantul pada kabel koaksial PERALATAN : - Kabel Koaksial (panjang 29,75m) - Dummy Load 50Ω - Kabel Power - Function Generator - Oscilloscope - Power Supply PERCOBAAN : Berikut adalah gambar dari kabel koaksial yang akan digunakan :
  • date post

    05-Feb-2016
  • Category

    Documents

  • view

    30
  • download

    2

Embed Size (px)

description

Koaksial, Gelombang Pantul

Transcript of Gelombang Pantul Pada Kabel Koaksial

Nama : Putri Ardiana Puspita SariNRP : 1203131040Kelas : 2D3TB

GELOMBANG PANTUL PADA KABEL KOAKSIAL

TUJUAN : Mahasiswa dapat mengamati gelombang pantul pada kabel koaksial

PERALATAN : Kabel Koaksial (panjang 29,75m) Dummy Load 50 Kabel Power Function Generator Oscilloscope Power Supply

PERCOBAAN : Berikut adalah gambar dari kabel koaksial yang akan digunakan :

Berikut adalah gambar hasil pengamatan jika lebih dari beban matched

Berikut adalah gambar hasil pengamatan jika matched (50)

Berikut adalah gambar hasil pengamatan jika kurang dari beban matched

Berikut adalah gambar hasil pengamatan jika lebih dari beban matched (menggunakan resistor)

ANALISA :Dari hasil pengamatan Gelombang Pantul Pada Kabel Koaksial yang mempunyai tujuan agar mahasiswa dapat mengamati gelombang pantul pada kabel koaksial, didapatkan simpulan bahwa, pada saat kabel koaksial dibiarkan terbuka, gelombang pantul yang dihasilkan melebihi beban matched yang mana didapatkan display di oscilloscope seperti berikut : Gelombang pantul yang dihasilkan sama dengan matched (50) jika kabel koaksial yang digunakan ditutup/dipasang dummy load. Bedanya dengan lebih dari beban matched diatas adalah pada display oscilloscope ditampilkan gambar seperti berikut :

Gelombang pantul kurang dari beban matched jika beban yang digunakan tidak sama dengan beban matched, resistor yang digunakan pada percobaan untuk mengamati gelombang pantul kurang dari beban matched adalah sebesar 47. Berikut adalah gambar tampilan dari display oscilloscope :

Sama seperti pengamatan pada gelombang pantul yang melebihi beban matched, bedanya pada beban yang digunakan, pada pengamatan sebelumnya tidak menggunakan beban apapun, sedangkan pada pengamatan ini digunakan resistor yang besarnya melebihi beban matched. Berikut adalah tampilan dari display oscilloscope-nya :

KESIMPULAN : Jika kabel koaksial tidak diberi beban apapun atau diberi beban yang mana lebih dari beban matched (50 ), maka gelombang pantul yang dihasilkan akan memiliki noise yang besar. Jika kabel diberi beban dummy load, maka gelombang pantul akan matched. Jika kabel diberi beban kurang dari beban matched (50 ), maka gelombang pantul yang dihasilkan selain terdapat noise, gelombang juga akan terbalik.