Hitung jenis

Post on 02-Oct-2015

221 views 8 download

description

patologi klinik

Transcript of Hitung jenis

HitungjenisHitungjenisleukositdigunakanuntukmengetahuijumlahberbagaijenisleukosit. Ada lima jenisselnyayaituneutrofil, limfosit,monosit, eosinofil, danbasofil. Hitungjenisleukosithanyamenunjukkanjumlahrelatifdarimasing-masingjenissel.Untukmendapatkanjumlahabsolutdarimasing-masingjenisselmakanilairelatif (%) dikalikanjumlahleukosit total (sel/l). Untukmelakukanhitungjenisleukosit, pertama-tama membuatsediaanapusdarah yang diwarnaidenganpewarnaGiemsa, Wright atau May Grunwald. Amati di bawahmikroskopdanhitungjenis-jenisleukosithingga didapatkan100 sel. Tiapjenisseldarahputihdinyatakandalampersen (%).Jumlahabsolutdihitungdenganmengalikanpersentasejumlahdenganhitungleukosit, hasilnyadinyatakandalamsel/L.Berikutadalahtabelnilai normal hitungjenisdanmanifestasiklinisjikaditemukankeadaan abnormal:

Padapemeriksaanditemukanhasilhitungjenisnyasebagai berikut,1/1/2/42/50/4. Dari pemeriksaantersebutdidapatkankeadaanlimfositosis.Suatukeadaandimanaterjadipeningkatanjumlahlimfositlebihdari 8000/l padabayidananak-anaksertalebihdari 4000/l darahpadadewasa.Limfositosisdapatdisebabkanolehinfeksi virus sepertimorbili, mononu-kleosisinfeksiosa; infeksikroniksepertituberkulosis, sifilis, per-tusisdanolehkelainanlimfoproliferatifseperti leukemia limfositikkronikdanmakroglobulinemia primer.LEDPemeriksaanlajuendapdarah (LED) ialahtesdarahyangmenggambarkankecepatanpengendapaneritrositdalam plasma sampeldarahmenggunakanantikoagulannatriumsitrat.Makin banyakeritrosityangmengendapmakamakintinggiLajuEndapDarah (LED)-nya.Adabeberapametode yang digunakanuntuktes LED manual, tetapimetodeWestergrenmerupakanmetode yang disarankanoleh International Committee for Standardization in Hematology(ICSH).Tes LED manual metodeWestergrenmempunyaibeberapakelebihan, antara lain memilikiskalatabung yang panjangsehinggamemungkinkanuntukmenghitungskalapembacaan yang besar. Kekurangannyabilapemasangantabungtidaktegaklurusakanmemberikanhasil yang berbeda. Dari pemeriksaan yang dilakukandidapatkan LED 45mm/jam. JadijumlahhitungLEDnyscepat.Pembahasan :

Proses LED dapatdibagidalam3 tingkatanyaitu:tahappembentukanrouleaux, tahappengendapandantahappemadatan. Pertamaialahtingkatanpenggumpalan yang menggambarkanperiodeeritrositmembentukrouleauxdansedikitsedimentasi.Keduaialahtingkatanpengendapancepat, yaitueritrositmengendapsecaratetapdanlebihcepat.Ketigaialahtingkatanpemadatan, pengendapangumpalaneritrositmulaimelambatkarenaterjadipemadataneritrosit yang mengendap.NilairujukanLEDpadametodewestergreenuntuklaki-laki 015 mm/jam danperempuan 020 mm/ jam.Faktor-faktor yang dapatmempengaruhiLajuEndapDarah (LED)adalahfaktoreritrosit, faktor plasma danfaktorteknik. Jumlaheritrosit/ldarah yang kurangdari normal, ukuraneritrosit yang lebihbesardarinormal daneritrosit yang mudahberaglutinasiakanmenyebabkanLajuEndapDarah (LED) cepat. LED dijumpaimeningkatselama proses inflamasiakut, infeksiakutdankronis, kerusakanjaringan (nekrosis), penyakitkolagen, rheumatoid, malignansi, dankondisi stressfisiologis (misalnyakehamilan).Pemeriksaanuntuk SLE secara umum anjuran pemeriksaan yang perlu dilakukan adalah Analisis darah tepi lengkap (darah rutin dan LED), Sel LE, Antibodiantinuclear (ANA), Anti-dsDNA (anti DNA natif), Autoantibodi lain (antiSM, RF, antifosfolipid, antihiston, dll), Titer komplemen C3, C4 dan CH50,Titer IgM, IgG, IgA, krioglobulin, masapembekuan,Elektroforesis protein, Kreatinin dan ureum darah, Protein urin(total protein dalam 24 jam), Biakan kuman, terutama dalam urin dan foto rontgen dada. Mengingat banyaknya pemeriksaan yang dilakukan bila tidak terdapat berbagaima komplikasi atau karena pertimbangan biaya maka dapat dilakukan permeriksaan awal yang penting seperti darah lengkap dan hitung jenis, trombosit, LED, ANA,urinalisis, sel LE danantibodi anti-dsDNA. Pemeriksaan autoantibodi yang umum dilakukan pada SLE.Pemeriksaan lanjutan yang disarankan untuk kasus ini adalah anti ds-DNA karena jika ditemukan jumlahnya yang tinggi spesifik untuk SLE.Marisa S. Klein-Gitelman, Michael L. Miller, Chapter 148 - Systemic LupusErythematosus :Nelson Textbook of Pediatrics 17th edition. W.B Saunders,Philadelphia. 2003. p810-813