Menjadi organisator muslimah

Click here to load reader

  • date post

    18-Jul-2015
  • Category

    Career

  • view

    254
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Menjadi organisator muslimah

MENJADI ORGANISATOR MUSLIMAH

Syarat Ber-Organisasi

Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.(QS 61:4, Ash Shaff)Workshop Organisasi SMA Ibrahimy (Putri) SukorejoOrganisasiOrganisasi(Yunani:,organon- alat) adalah suatukelompokorang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.James D. Mooneymengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersamaChester I. Bernardberpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebihDrs. EK Imam Munawir, organisasi adalah merupakan kerja sama di antara beberapa orang untuk mencapai suatu tujuan dengan mengadakan pembagian dan peraturan kerja. Yang menjadi ikatan kerja sama dalam organisasi adalah tercapainya tujuan secara efektif dan efisien.

MuslimahMuslim(bahasa arab:, muslim) adalah secara harfiah berarti "seseorang yang berserah diri (kepada Allah)", termasuk segala makhluk yang ada dilangitdanbumi (QS Al-Imran 3:83, 1:2). Kata muslim merujuk kepada penganut agamIslam. Muslim adalah sebutan untuk pria pemeluk agama Islam sedangkan muslimah () adalah sebutan untuk wanita Islam.

Visi Misi Ikut OrganisasiVISI rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan ( Wibisono ,2006, p. 43), )Misi (mission) apa sebabnya kita ada (why we exist / what we believe we can do).Prasetyo dan Benedicta (2004:8), Study Kasus"Saya ke P2S2 untuk melanjutkan sekolah saya. Saya membawaMISIdari (1)Orang tua:berbaktipada orang tua yang berkeinginan memiliki anak yang berpendidikan tinggi,menyelesaikanSMA dan Kuliah secepat mungkin mengingat duit orang tua; (2)Teman-teman:membantusaling mengisi kebutuhan selama diperantauan,bersosialisasidalam bentuk pertemanan individu maupun organisasi; (3)Diri sendiri:memenuhihasrat untuk belajar ilmu tertentu, mengejar cita-cita; (4)Kekasih: menyelesaikankuliah secepat mungkin untuk segera nikah; (5) dan lain sebagainya. SementaraVISInya adalah: Ke P2S2 tahun untuk SMA dn kuliah. Contoh lain adalah saya diundang teman untuk menghadiri acara pernikahannya di Bandung. Misi saya jelas: menghadiri acara pernikahan teman. Visinya adalah: ke Bandung naik mobil melewati puncak.

Contoh Visi OrganisasiPertamina:To be a world class national oil company

Mercedes-Benz:To be the Number 1 in Quality, Image and Profitability in the Automotive Sector in Indonesia

P2S2Lahirnya Generasi Khoiru UmmahAntusiasBerasal dari Bahasa Yunani kuno"entheos"yang berarti "Tuhan di dalam" dan antusias berarti "diilhami dari Tuhan". Kamus Webster, antusiasme : "kegairahan yang kuat terhadap salah satu sebab atau subyek; semangat atau minat yang berapi-api; kegairahan". Sikap antusias akan membawa kita pada pikiran, perasaan dan tindakan yang menimbulkan gairah positif dan meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain. Antusias juga membuat kita lebih terbuka terhadap ide-ide atau peluang baru dalam bekerja, bahkan diyakini mampu meningkatkan kualitas kesehatan pribadi. Frederick Williamson : "Perbedaan nyata dalam keterampilan, kemampuan dan kecerdasan antara mereka yang sukses dan yang gagal biasanya tidak begitu besar dan mencolok, tetapi bila ada dua orang hampir setara dalam segala hal maka dia yang berantusiaslah yang akan lebih unggul. Sebaliknya, orang dengan kemampuan biasa-biasa saja tetapi memiliki antusiasme, sering melebihi orang dengan kemampuan hebat tetapi tanpa antusiasme."

MilitansiBerpegang teguh, setia dan menumbuhkembangkan kemampuan untuk organisasi

Mengabdi dengan Cinta

Bila kita melakukan pekerjaan dengan cinta, kita akan mendapat balasan yang setimpal. Cinta kita pada pekerjaan akan menumbuhkan rasa memiliki yang kuat, sehingga kita melakukan segala sesuatunya seolah-olah itu milik kita, jadi kita akan melakukan dengan semua kemampuan yang terbaik yang kita miliki, sehingga kita akan mendapat hasil yang terbaik pula.Cinta memiliki definisi yang sangat luas. Ada juga yang menjadikan CINTA sebagai suatu formula, yaitu: Cerdas + Integritas + Niat ikhlas + Tuntas + Antusias =CINTA

Workshop Organisasi SMA Ibrahimy (Putri) SukorejoTerimakasih,Selamat Ber-Organisisasi.Sukses Untuk Anda