Ilmu Pengetahuan Sosial, Ekonomi, PGSD semester 1

download Ilmu Pengetahuan Sosial, Ekonomi, PGSD semester 1

of 43

  • date post

    14-Dec-2014
  • Category

    Documents

  • view

    34
  • download

    3

Embed Size (px)

description

file ini berisikan tentang dasar dasar ilmu ekonomi, baik itu ekonomi mikro, makro, masalah masalah yang dihadapi dalam dunia perekonimian misalnya inflasi uang dolar, di dalam power point ini akan mengulas secara detail dan simple

Transcript of Ilmu Pengetahuan Sosial, Ekonomi, PGSD semester 1

konsep dasar ekonomi dan kebutuhan manusial Syahriar Ardianto W K7112243/23/1D l Santy Dinar Permata K7112220/14/1D lVendy Pandhu Ugahari K7112262/30/1D

Ekonomisalah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran dan konsumsi barang dan jasa. Istilah "ekonomi" sendiri berasal dari kata Yunani (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan (nomos), atau "peraturan, aturan, hukum," dan secara garis besar diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga."

Ilmu Ekonomiadalah ilmu social yang mempelajari bagaimana cara manusia berusaha untuk dapat memenuhi kebutuhan secara optimal dalam usaha mencapai kemakmuran.timbul karena masalah pemilihan (problem of choice), dimana kebutuhan manusia tidak terbatas, sedangkan terjadi kelangkaan sumber daya.

Pembagian Ilmu Ekonomi (Alferd W. Stonier dan Douglas C. Hague)

1.Descriptive Economics (ilmu ekonomi deskriptif). 2.Economic Theory (ilmu ekonomi teori atau teori ekonomi atau analisis ekonomi). 3.Applied Economics (ilmu ekonomi terapan).

Pembagian Ilmu Ekonomi (Alferd W. Stonier dan Douglas C. Hague)

1. Descriptive Economics (ilmu ekonomi deskriptif). Di sini dikumpulkan semua kenyataan yang penting tentang pokok pembicaraan (topik) yang tertentu, artinya mendiskripsikan data-data yang menjelaskan berbagai fenomena dan kenyataan yang terjadi. misalnya: sistem pertanian di Bali, atau industri katun di India.

Pembagian Ilmu Ekonomi (Alferd W. Stonier dan Douglas C. Hague)

2. Economic Theory (ilmu ekonomi teori atau teori ekonomi atau analisis ekonomi). memberikan penjelasan yang disederhanakan tentang caranya suatu sistem ekonomi bekerja dan ciri-ciri yang penting dari sistem seperti itu. Teori ekonomi dibangun dengan landasan pengamatan sebab akibat berdasarkan aksi dan reaksi yang terjadi dalam kehidupan ekonomi masyarakat.

Pembagian Ilmu Ekonomi (Alferd W. Stonier dan Douglas C. Hague)

3. Applied Economics (ilmu ekonomi terapan). Di sini kita mencoba mempergunakan rangka dasar umum dan analisis yang diberikan oleh ekonomi teori untuk menerangkan sebabsebab dan arti pentingnya kejadian-kejadian yang dilaporkan oleh para ahli ekonomi deskriptif.

Lingkup Ilmu Ekonomi

MIKRO

MAKRO

Lingkup Ilmu Ekonomi Ekonomi Mikro : menitikberatkan pada perilaku ekonomi individu rumah tangga, perusahaan dan pasar, dalam mengelola sumberdaya ekonomi secara efisien

Lingkup Ilmu Ekonomi Ekonomi Makro : menitikberatkan pembahasan tentang perekonomian secara keseluruhan (agregatif), pengangguran, inflasi, pertumbuhan ekonomi dan perdagangan internasional.

ruang lingkup ekonomi mikro 1. Permintaan, penawaran, dan keseimbangan pasar 2. Elastisitas permintaan dan elastisitas penawaran 3. Teori perilaku konsumen 6. Pasar monopoli

7.

Pasar oligopoli

8. Pasar persaingan monopolistik 9. Permintaan akan input

4. Teori produksi, biaya produksi, penerimaan produsen dan laba5. Pasar persaingan sempurna

10. Mekanisme harga dan distribusi pendapatan

ruang lingkup ekonomi makro 1. Perhitungan pendapatan nasional 2. Keseimbanagan nasional dalam perekonomian dus sektor 6. Kebijakan moneter dan uang yang beredar 7. Pasar uang dan pasar tenaga kerja

3. Keseimbangan pendapatan nasional dalam perekonomian tiga sektor4. Uang, bank, dan penciptaan uang

8.

Teori inflasi

9. Perdagangan luar negeri, nilai valuta asing, dan neraca pembayaran 10. Pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi.

5. Kebijakan fiskal dan sistem perpajakan

Prinsip Ekonomi Berusaha dengan pengorbanan minimum untuk mendapatkan hasil tertentu. Berusaha dengan pengorbanan tertentu untuk mendapatkan hasil maksimum. Motif Ekonomi Hal-hal yang mendorong orang untuk bertindak ekonomi seperti memenuhi kebutuhan Hukum Ekonomi Hubungan antara peristiwa-peristiwa ekonomi. Hubungan tersebut bisa bersifat fungsional atau sebab akibat. Politik Ekonomi Adalah kebijakan yang diambil oleh pemerintah dibidang ekonomi untuk mencapai kemakmuran. Kegiatan Ekonomi Produksi : usaha mempertinggi nilai guna barang atau jasa. Distribusi: upaya menyalurkan barang dan jasa dari konsumen. Konsumsi: kegiatan menghabiskan atau mengurangi nilai barang dan jasa.

METODE DARI ILMU EKONOMI 1.Metode deduktif 2.Metode induktif

METODE DEDUKTIF merupakan telaah yang bercorak analitis. Metode deduktif berpangkal pada beberapa dalil atau hipotesis. Kemudian dalil itu diujicobakan pada kenyataan-kenyataan yang berhubungan dengan isi dalil yang bersangkutan. Metode deduktif merupakan metode pengambilan kesimpulan untuk hal-hal khusus berdasarkan kesimpulan yang bersifat umum. Misalnya secara umum disimpulkan bila harga suatu barang meningkat, permintaan terhadapnya menurun.

Metode induktif Metode induktif merupakan telaah yang bercorak sintesis. Metode induktif berpangkal dari kenyataan-kenyataan yang dikumpulkan dan dilacak hubungannya. Dampak positif dari metode induktif adalah meningkatnya kegiatan penelitian ekonomi, yang telah menghasilkan pemahamanpemahaman baru dalam ilmu ekonomi, baik mikroekonomi maupun makroekonomi.

Macam-Macam Sistem EkonomiSistem ekonomi adalah cara untuk mengatur atau mengorganisasi seluruh aktivitas ekonomi, baik ekonomi rumah tangga negara atau pemerintah, maupun rumah tangga masyarakat atau swasta.

Macam Sistem Ekonomi1. Sistem Ekonomi Tradisional, masyarakat yang belum ada pembagian kerja, cara mendapatkan barang dengan barter (natura), belum mengenal uang sebagai alat pembayaran, produksi dan distribusi terbentuk karena tradisi dan hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri/masyarakat. 2. Sistem Ekonomi Kerakyatan, Sistem ekonomi yang digunakan di Indonesia bardasar atas demokrasi ekonomi, artinya produksi dikerjakan oleh semua masyarakat, dan untuk semua di bawah pimpinan atau pemilikan anggota masyarakat. 3. Sistem Ekonomi Liberal, suatu sistem di mana negara memberi kebebasan kepada setiap orang untuk mengadakan kegiatan ekonomi. 4. Sistem Ekonomi Sosialis/Terpusat, sistem ekonomi di mana seluruh kebijakan perekonomian ditentukan oleh pemerintah sedangkan masyarakat hanya menjalankan peraturan yang ditentukan. 5. Sistem Ekonomi Campuran (Sosialis dan Liberal), Sistem ekonomi campuran merupakan perpaduan antara sistem liberal dan sistem sosialis, yang mengambil garis tengah antara kebebasan dan pengendalian, yang juga berarti garis antara peran mutlak negara/kolektif dan peran menonjol individu.

1. Masalah Pokok Ekonomi Menurut Teori Klasika. Masalah Produksi, Kebutuhan manusia akan terpenuhi apabila ia mengonsumsi barang atau jasa sesuai yang dibutuhkan. Padahal barang/jasa hanya akan tersedia untuk mencukupi kebutuhan apabila diproduksikan. b. Masalah Distribusi, Untuk dapat menyalurkan barang/jasa tersebut dapat dilakukan secara langsung maupun melewati perantara dalam perdagangan. c. Masalah Konsumsi, Konsumsi adalah menggunakan atau memanfaatkan barang yang dihasilkan oleh produsen.

2. Masalah Pokok Ekonomi Menurut Teori Moderna. Barang apa yang akan diproduksi dan berapa banyak (what) b. Bagaimana cara memproduksi barang tersebut (how) c. Untuk siapa barang-barang tersebut diproduksi (for whom)

Kebutuhankeinginan manusia atas barang dan jasa yang beraneka ragam untuk dapat terpenuhi dengan alat atau sarana yang ada, sehingga tercapai kemakmuran.

kebutuhan manusia dapat dibagi :1. menurut intensitas 2. sifat 3. waktu penggunaan 4. dan subjek atau konsumennya.

Kebutuhan Menurut Intensitasnyaa. Kebutuhan primer, artinya kebutuhan manusia yang mutlak harus dipenuhi terlebih dahulu, misalnya makanan, pakaian, dan perumahan. b. Kebutuhan sekunder, artinya kebutuhan yang sifatnya sebagai pelengkap setelah kebutuhan primer terpenuhi.Misalnya meja, kursi, lemari, peralatan atau perlengkapan rumah tangga. c. Kebutuhan tersier, artinya kebutuhan terhadap barangbarang mewah. Kebutuhan tersier dipenuhi setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan sekunder. Misalnya rumah mewah dan pakaian hasil karya perancang luar negeri.

Kebutuhan Menurut Sifatnyaa. Kebutuhan jasmani, artinya kebutuhan yang berupa barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan jasmani atau fisik manusia. Misalnya makan, pakaian, dan olahraga. b. Kebutuhan rohani, artinya kebutuhan manusia yang bersifat kejiwaan atau rohani. Misalnya hiburan, agama, pendidikan,rekreasi, keindahan, kenyamanan, dan keamanan.

Kebutuhan Menurut Waktu Pemenuhannyaa. Kebutuhan sekarang, artinya kebutuhan yang harus dipenuhi pada saat dibutuhkan. Misalnya buku dan alat tulis bagi siswa, obat bagi orang sakit, makan, minum, berpakaian, dan sebagainya. b. Kebutuhan mendatang, artinya kebutuhan yang pemenuhannya dapat ditangguhkan tetapi sekalipun demikian perlu dipersiapkan dari sekarang misalnya tabungan dan payung sebelum musim penghujan.

Kebutuhan Menurut Subjek atau Konsumennyaa. Kebutuhan perseorangan (individu) artinya kebutuhan yang langsung berhubungan dengan pribadi-pribadi manusia. Misalnya kacamata bagi orang yang membutuhkan kacamata, alat pertanian bagi petani, dan buku pelajaran bagi pelajar. b. Kebutuhan masyarakat (sosial), artinya kebutuhan untuk umum atau masyarakat yang mempunyai kepentingan sama. Misalnya jalan, jembatan, sekolahan, pasar, waduk, dan bendungan.

faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia1. Sifat alami manusia 5. Kemajuan teknologi i n f o r m a s i 2. Tingkat pendapatan 6. a 3. k e a d a a n alam 7. a d a t 4. L i n g k u ng a n s os i a l istiadat g a m a

Alat Pemuas Kebutuhan (Barang dan Jasa)barang adalah setiap benda berwujud yang mempunyai faedah atau guna (utility) bagi manusia. jasa adalah benda tak berwujud/abstrak yang juga berfungsi sebagai alat pemuas kebutuhan manusia.

macam benda pemuas kebutuhan macam - macam benda pemuas kebutuhan man