Pengenalan FTM Buat BMD 2015

13
1 UPN “Veteran” Yogyakarta By : Haidar Ismail FAKULTAS TEKNOLOGI MINERAL Jurusan Akreditasi 1.Teknik Geologi A 2.Teknik Pertambangan B 3.Teknik Perminyakan B 4.Teknik Geofisika B 5.Teknik Lingkungan B

description

Slide Presentasi untuk Promosi

Transcript of Pengenalan FTM Buat BMD 2015

Page 1: Pengenalan FTM Buat BMD 2015

1UPN “Veteran” YogyakartaBy : Haidar Ismail

FAKULTAS TEKNOLOGI MINERAL

Jurusan Akreditasi1.Teknik Geologi A2.Teknik Pertambangan B3.Teknik Perminyakan B4.Teknik Geofisika B5.Teknik Lingkungan B

Page 2: Pengenalan FTM Buat BMD 2015

2UPN “Veteran” YogyakartaBy : Haidar Ismail

Geological Engineering UPN “Veteran” Yogyakarta

Geologi (berasal dari Yunani: γη- [ge-, "bumi"] dan λογος [logos, "kata", "alasan"]) adalah Ilmu (sains) yang mempelajari bumi, komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. Orang yang mempelajari geologi disebut geolog/geologist.

Page 3: Pengenalan FTM Buat BMD 2015

3UPN “Veteran” YogyakartaBy : Haidar Ismail

Apa yang para Geolog lakukan ?

Geolog biasanya mencari segala data dilapangan tentang potensi sumber daya alam yang ada di permukaan bumi. Baik itu membantu mencari SDA di Pertambangan, Minyak dan Gas, Panas Bumi, dsb. Ilmu geologi merupakan ilmu pokok teknik kebumian.

Page 4: Pengenalan FTM Buat BMD 2015

4UPN “Veteran” YogyakartaBy : Haidar Ismail

Mining Engineering UPN “Veteran” Yogyakarta

Teknik Pertambangan adalah salah satu disiplin ilmu keteknikan yang mencakup praktek, teori, sains, teknologi dan aplikasi dalam pencarian, penambangan (penggalian), pengolahan, dan pemanfaatan bahan galian (mineral).

Page 5: Pengenalan FTM Buat BMD 2015

5UPN “Veteran” YogyakartaBy : Haidar Ismail

Apa yang dilakukan dipertambangan ?

Ada banyak mineral yang isa ditambang, contohnya Emas, Nikel, Biji Besi, dsb. Di pertambangan tugasnya meng-eksploitasi denganCara yang efisien untuk diambil SDA yang ada.

Page 6: Pengenalan FTM Buat BMD 2015

6UPN “Veteran” YogyakartaBy : Haidar Ismail

Petroleum Engineering UPN “Veteran” Yogyakarta

Teknik perminyakan sendiri mirip dengan Teknik pertambangan, Perbedaan antara keduanya, Teknik Pertambangan mempelajari bagaimana menambang benda padat seperti logam, batubara atau bahan galian lainnya, sedangkan Teknik Perminyakan mempelajari bagaimana menambang fluida (cairan dan gas).

Page 7: Pengenalan FTM Buat BMD 2015

7UPN “Veteran” YogyakartaBy : Haidar Ismail

Teknik perminyakan juga mempelajari sistem yang berhubungan dengan bangunan rig lepas pantai yang sering digunakan dalam eksplorasi minyak lepas pantai dan juga teknologi pemanfaatan panas bumi sebagai sumber energi.

Spesialisasi teknik perminyakan antara lain : teknik pengeboran, teknik produksi, teknik reservoir, dan evaluasi informasi.

Apa yang dipelajari dan dilakukan ?

Page 8: Pengenalan FTM Buat BMD 2015

8UPN “Veteran” YogyakartaBy : Haidar Ismail

Geophysical Engineering UPN “Veteran” Yogyakarta

Teknik Geofisika adalah disiplin ilmu dan teknologi untuk mengetahui struktur perlapisan bumi di bawah permukaan bumi. Teknik Geofisika dipakai untuk mencari dan memetakan potensi sumber daya alam: minyak dan gas bumi, panas bumi dan bahan tambang lainnya.

Page 9: Pengenalan FTM Buat BMD 2015

9UPN “Veteran” YogyakartaBy : Haidar Ismail

Apa yang dipelajari dan dilakukan ?

Teknik Geofisika memegang peran yang sangat penting dalam hal eksplorasi sumber daya alam (SDA). Eksplorasi SDA tidak akan berjalan tanpa adanya peran ahli geofisika.

Lulusan Teknik Geofisika berperan untuk:1. Mencari lokasi SDA dan menentukan potensi SDA di dalam bumi2. Memetakan struktur perlapisan di bawah permukaan bumi.

Page 10: Pengenalan FTM Buat BMD 2015

10UPN “Veteran” YogyakartaBy : Haidar Ismail

Enviromental EngineeringUPN “Veteran” Yogyakarta

Bidang Teknik Lingkungan menerapkan pemikiran dan teknik serta manajemen untuk memelihara dan melindungi kesehatan dan keselamatan manusia, serta lingkungan secara keseluruhan

Page 11: Pengenalan FTM Buat BMD 2015

11UPN “Veteran” YogyakartaBy : Haidar Ismail

Apa yang dipelajari dan dilakukan ?

Teknik Lingkungan UPN “Veteran” Yogyakarta berbeda dengan Teknik Lingkunan di universitas lainnya. Teknik Lingukan UPN lebih berbasis ke Kebumian, bagaimana cara mengelola limbah pertambangan, migas maupun panas bumi, dsb.

Page 12: Pengenalan FTM Buat BMD 2015

12UPN “Veteran” YogyakartaBy : Haidar Ismail

KERJASAMA DENGAN PERUSAHAAN

dan masih banyak lainnya

Page 13: Pengenalan FTM Buat BMD 2015

13UPN “Veteran” YogyakartaBy : Haidar Ismail

Sekian & Terima Kasih

Kami tunggu kedatangan kalian di UPN “Veteran” Yogyakarta !