Modul pelatihan ly_x_untuk_jurnal-feb-2cols

Click here to load reader

  • date post

    19-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    22
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of Modul pelatihan ly_x_untuk_jurnal-feb-2cols

  • ME-LAYOUT NASKAH PUBLIKASI DENGAN LYX/LATEX 2

    I Wayan WARMADA

    Universitas Gadjah [email protected]

    Ringkasan

    Ada tiga komponen dalam naskah, yaitu teks (tipografi), gambar, persamaan matematika. Gambar dibagi menjadi duamacam, yaitu raster dan vektor. Komponen-komponen ini sering dianggap sepele oleh sebagian besar penulis, padahal hasilcetak sangat tergantung kepada komponen ini. Misalnya, pernah kah anda membaca sebuah buku atau artikel yang gam-barnya tidak jelas, jenis hurufnya tidak enak dibaca, dan pengaturan paragrafnya kacau? LATEX dengan front-end LYX bisadigunakan untuk me-layout naskah publikasi ilmiah yang konsisten dan padat. LATEX cukup sulit digunakan untuk kalang-an pemula yang biasa menggunakan perangkat lunak word processor seperti Word, OpenOffice.org Writer, dll. LYX dengantampilan mirip pengolah kata dapat dipelajari dengan mudah tanpa atau dengan sedikit pengetahuan LATEX. Untuk menam-bahkan gambar atau bagan alir, dapat menggunakan perangkat lunak yang lain, seperti GIMP, Inkscape, OpenOffice.org,dan Gnuplot. Sedangkan untuk menambahkan bibliografi bisa menggunakan perangkat lunak seperti JabRef, pybliographer,bibdesk, atau diketik dengan text-editor dengan format bibTEX. Syle pada Ringkasan ini menggunakan paket abstract (lihatWilson et al. (2009)).Keywords: publikasi, pengolah naskah, LATEX, LYX, bibTEX.

    1 PendahuluanPada dekade terakhir ini telah dikenal cukup banyakperangkat lunak bantu untuk menulis naskah, dariyang sangat sederhana (berbasis text), seperti Chi-Writer, WordStar 4-7, Lotus Manuscript; hingga yangcanggih (berbasis GUI), seperti WordStar for Windo-ws, WordPerfect, Lotus WordPro, StarWriter, Micro-softWord, dll. Semua perangkat lunak tersebut hanyadapat dijalankan pada sistem operasi DOS/MSDOSdan Microsoft Windows R.

    Di lingkungan sistem operasi Linux (dan varian-nya, seperti Unix, Solaris, dan BSD) juga dikenalbeberapa perangkat lunak OpenSource untuk keper-luan semacam ini, seperti KWord, AbiWord, Sta-rOffice Writer, Applixware, OpenOffice.org Writer,GNU/TEXMACS, LATEX, LYX, groff, lout, dll. Namundi antara perangkat lunak ini yang menarik adalahLYX. LYX merupakan suatu perangkat lunak pengo-lah naskah yang berbasis grafis (GUI), merupakanfront-end dari LATEX 2. Sekarang ini, hampir semuaperangkat lunak OpenSource sudah diport ke dalambermacam-macam sistem operasi, seperti Microsof-tWindows, MacOS X.

    2 PublishingAda empat komponen dalam naskah, yaitu teks(tipografi), gambar, tabel, persamaan matematika.Gambar dibagi menjadi dua macam, yaitu raster danvektor. Komponen-komponen ini sering dianggapsepele oleh sebagian besar penulis, padahal hasil ce-

    Isinya bisa macam-macam, misalnya alamat saya: Departmentof Geological Engineering, Faculty of Engineering, Gadjah MadaUniversity. Jl. Grafika No. 2 Bulaksumur, Yogyakarta 55281. E-mail: [email protected] (kalau mau ngirim2 kado...;-)).

    tak sangat tergantung kepada komponen ini. Misal-nya, pernah anda membaca sebuah buku atau arti-kel yang gambarnya tidak jelas, jenis hurufnya tidakenak dibaca, dan pengaturan paragrafnya kacau?

    Ada cukup banyak referensi tentang bagaimanamembuat publikasi yang bagus, seperti Khazaeli(2001); Kipplan (2001) dan buku-buku tentang tipo-grafi, seperti Sihombing (2001); Strizver (2006); Syro-poulos et al. (2003). Pada Tabel 1 adalah perangkat lu-nak berbasis FOSS yang bisa digunakan untuk mem-buat publikasi naskah ilmiah. Penulis sendiri menye-lesaikan disertasi tanpa menggunakan perangkat lu-nak komersial (Microsoft befreien PC = PC bebas Mik-rosoft, diambil dari headline majalah di Jerman be-berapa tahun silam...:)). Jadi, gak perlu beli apalagimembajak, hehe.

    3 Apa itu LYX?LYX (Gambar 1) merupakan suatu sistem prepara-si naskah yang pada awalnya diciptakan oleh Mat-thias Ettrich. LYX dapat membuat suatu artikel tek-nik atau ilmiah yang kompleks dengan matematik,acuan-silang, bibliografi, indeks, dll. Selain itu, LYXjuga dapat digunakan untuk beberapa bentuk penu-lisan, seperti memo, surat, disertasi dan tesis, catatankuliah, catatan seminar, prosiding konferensi, doku-mentasi perangkat lunak, buku (tentang PostgreSQL,penginderaan jauh, kriptologi, cerita fiksi, puisi danjuga buku-buku untuk anak), artikel yang disitir un-tuk jurnal, skrip untuk film, proposal bisnis, dll.

    LYX adalah suatu program yang menyediakan su-atu pendekatan modern pada penulisan naskah de-ngan komputer. Tidak seperti sebagian besar pengo-lah kata yang menggunakan paradigma konsep me-

    1

  • Tabel 1: Perangkat lunak berbasis OpenSource yang dapat digunakan untuk mengolah naskah publikasi ilmiah

    Macam analisis Program (berlisensi GPL) Keterangan

    Pengolahan gam-bar/citra

    GIMP dan ImageMagik Mengolah foto dan data raster, dapat untuk mengim-port gambar terformat PDF atau PS.

    Grafik Gnuplot, GMT dan SciDavis Untuk membuat grafik 2 atau 3 dimensiPaket Office OpenOffice.org dan LibreO-

    fficeUntuk mengolah data numerik yang disusun atas ba-ris dan kolom, dan mengetik naskah teks (word proces-sor).

    Menggambar 2 di-mensi

    Inkscape, Xfig Alat gambar berbasis vektor, seperti CorelDraw di Mi-crosoft Windows

    Dokumentasi LYX, MikTEX, ProTEXt,MACTEX, dan TEXMACS

    Pengolahan naskah (document processor) berbasis TEX

    Gambar 1: Banner LyX versi 2.x.x

    sin ketik, LYX menggunakan paradigma markup la-nguage sebagai inti gaya penyuntingan. Hal itu ber-arti jika kita akan menulis judul subbab, kita tandaisebagai Section, bukan Bold, 17 pt, rata kiri, dan5 mm spasi di bawahnya. Jadi dengan LYX, penu-lis dapat berkonsentrasi pada isi yang akan ditulis.Contoh pemakaian LYX untuk menulis karya ilmiahpopuler bisa dibaca pada Warmada (2003b,a, 2004);dan Warmada (2011).

    Pada umumnya program pengolah kata selalumembanggakan dirinya dengan moto WYSIWYG(What you see is what you get), meskipun tidak tepat100%, kecuali pada GNU/TEXMACS. LYX di sisi la-in, memakai moto WYSIWYM (What you see is whatyou mean), yang berarti bahwa apa yang ditulis di la-yar monitor, merupakan naskah yang akan terformatseperti yang diinginkan. Sehingga apa yang ditulispada daerah penyuntingan LYX hasilnya tidak samapersis dengan apa yang dicetak atau yang ditampilk-an dengan ghostview atau Acrobat Reader.

    Sebagai pengolah naskah, LYX mempunyai bebera-pa keunggulan, seperti:

    Konsistensi tampilan, dimana tidak terjadi peru-bahan jenis atau ukuran huruf tanpa disengaja.Tampilan dikendalikan oleh style yang dipilih. Penomoran otomatis, seperti pada nomor gam-

    bar, tabel, catatankaki, daftar, bab-subbab. Referensi silang. Referensi silang antar bagi-

    an, misalnya seperti pada penulisan lihat Gam-bar 1.1. LYX dapat menentukan referensi silangyang tepat, karena semua jenis penomoran dia-tur oleh LYX. Bibliografi dapat dimasukkan secara otomatis

    dari database BibTEX. Dengan cara ini tidak akanada kesalahan penulisan bibliografi karena kelu-paan atau kelebihan bibliografi. Susunan tata-letak (layout) yang padat. Gratis, bersifat Open Source (FOSS): source pro-

    gram (dalam bahasa C++ dan Python) bisa di-modifikasi dan dikompilasi sesuai keinginan.

    LYX adalah salah satu front-end LATEX yang berbasisGUI, yang dapat dijalankan pada hampir semua pla-tform sistem operasi. LATEX sudah cukup lama di-kenal sebagai alat untuk menata tata letak (layout)buku atau majalah yang berkaitan dengan ilmu pas-ti. Dengan munculnya LYX yang dapat dioperasik-an secara intuitif, hampir semua bidang dapat me-manfaatkan LATEX sebagai alat untuk menata tampil-an buku/majalah. Sistem desktop publishing (DTP) di-gunakan untuk mengedit teks dan gambar yang di-masukkan pada suatu halaman penuh. Jadi, secaraprinsip hampir semua jenis word- atau document-processor dapat dijadikan salah satu komponen ma-sukan dari sistem DTP. Apa keunggulan LYX pada sisiaplikasi DTP?

    LATEX yang bekerja di balik aplikasi LYX meru-pakan text-processor yang memiliki banyak keunggul-an dibandingkan word-processor, di antaranya adalahkonsistensi, referensi-silang dan penempatan gam-bar/tabel secara otomatis, serta penyusunan pustakayang konsisten. Konsistensi tata letak ini disebabkankarena semua komponen tata letak dikontrol oleh su-atu makro atau paket LATEX. Dengan kata lain, sekalisuatu makro didefinisikan maka akan didapatkan ta-ta letak yang sangat konsisten.

    Keistimewaan lainnya dari program ini adalah pe-ngarsipan berkas dapat dilakukan dengan baik danrapi, karena format yang digunakan berupa formatstandard, yaitu ASCII atau teks datar (plain text) yangditambah beberapa perintah yang dikenal oleh LYX(LYX-tag). Dengan demikian berkas LYX akan dapatdiakses kapan saja, tidak mengenal batasan waktu.

    2

  • Hal ini dapat dibandingkan dengan berkas-berkasyang dihasilkan oleh program pengolah kata lain-nya yang terformat biner, seperti WordPerfect, Wo-rdPro, MicrosoftWord, dll. Anda akan mendapatkankesulitan bila saat ini anda masih menyimpan berkas-berkas tersebut dan ingin membukanya kembali. Be-lum lagi bila anda menuliskan berkas-berkas pentinganda dengan versi lama kemudian anda membukaatau menuliskan kembali dengan versi terbaru atausebaliknya, anda akan mendapatkan tampilan yangberbeda. Bahkan kadang kala berkas yang telah ditu-lis banyak data yang hilang.

    4 Perbedaan LYX dan pengolah kataHal yang paling penting untuk diketahui pada pema-kaian perangkat lunak LYX adalah merubah paradi-gma, dari paradigma konsep mesin ketik ke para-digma bahasa markup. Berikut ini adalah sesuatuyang tidak akan pernah ditemukan di LYX:

    Penggaris naskah Pemberhentian tab Spasi ekstra (misalnya menekan tombol

    Enteratau

    Space dua kali atau lebih)Pada pengolah kata, penggaris naskah, fasilitas TAB , ekstra-spasi sangat dibutuhkan karena sega-la penyusunan kata dilakukan oleh pengguna. Caraini sangat berbeda dengan perangkat lunak pengolahdokumen, dimana semua susunan komponen naskahdiatur ol