Industrial Screening & Classification

download Industrial Screening & Classification

of 39

  • date post

    01-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    630
  • download

    8

Embed Size (px)

Transcript of Industrial Screening & Classification

Kelompok 5M. Ekaditya Albar (0806331683) Maryane Anugrah Putri (0806331714) Mia Diniati (0806331720) M. Fadli (0806331771) Nitiyoga Adhika P. (0806331821) Nizar (0806331834)

INDUSTRIAL SCREENING & CLASSIFICATION

Kelompok 5

INDUSTRIAL SCREENINGIndustry sizing sangat luas dipakai untuk pemisahan ukuran 300 mm hingga menjadi ukuran sekitar 40 m, meskipun efisiensi ikut menurun seiring dengan tingkat kehalusan. Screening kering biasanya terbatas pada material di atas 5 mm, sedangkan screening basah umumnya berukuran 250 m, metode untuk penanganan material di bawah 250 m ditangani dengan menggunakan metode klasifikasi. Pemilihan penggunaan antara screening dan klasifikasi dipengaruhi adanya pertimbangan bahwa pemisahan yang halus membutuhkan area yang luas untuk permukaan screening dan oleh karena itu proses ini memerlukan biaya yang mahal dibandingkan dengan proses klasifikasi. Tujuan utama screening : Sizing / classifying : untuk memisahkan partikel berdasarkan ukuran. Biasanya untuk menyediakan unit proses dengan range ukuran partikel yang diinginkan disesuaikan dengan unit operasinya masing-masing. Scalping : untuk menghilangkan fraksi partikel yang kasar pada material pengumpan, biasanya hasil scalping pada akhirnya dapat dihancurkan atau dihilangkan dari proses. Grading : untuk menyiapkan sejumlah produk dengan range ukuran yang diinginkan. Media recovery : sebagai media magnetic untuk membersihkan bijih. Dewatering : untuk menghilangkan kotoran dari proses wet sand slurry. Desliming atau de-dusting : untuk menghilangkan material yang halus, umumnya di bawah 0.5 mm dari umpan basah atau kering. Trash removal : biasanya digunakan untuk menghilangkan serat kayu dari arus slurry yang halus. Dalam bentuk sederhana, permukaan screen memiliki banyak celah atau lubang, biasanya dengan dimensi yang sama. Tidak ada metode yang secara universal menerima pendefinisian performa screening dan jumlah metode yang dipakai.

Page | 2

INDUSTRIAL SCREENING & CLASSIFICATION

Kelompok 5

Peralatan untuk ScreeningPeralatan yang dapat dipergunakan untuk industrial screening diantaranya sbb : Vibrating Grizzly yaitu suatu alat screen yang seringkali dipergunakan dalam penambangan mineral, berfungsi sebagai penyaring material yang sangat kasar menjadi material yang halus yang bentuknya tersusun atas rangkaian batang logam keras yang sejajar dan di letakkan pada bingkainya.seperti pada gambar di samping.

Pada prinsipnya mesin ini bekerja sama dengan mesin-mesin screen yang lainnya yaitu bergetar dengan mekanis artinya dapat bergoyang tanpa bergeser dan berubah dari keadaan semula. Biasanya dipergunakan dalam proses pengolahan mineral dari mineral yang kasar sekali untuk menjadi material yang dapat dipergunakn pada proses selanjutnya, biasanya material yang dapat diolah setelah dari mesin crusher telah memiliki ukuran 10cm dan memiliki jarak antara batang dengan material tersebut sejauh 10cm pula.Dan Vibrating Grizzly ini memiliki kemiringan sudut antara 20-50. Sebab jika tidak demikian akan terjadi fenomena Clogging (penyumbatan) yang mana dalam proses pengolahan ini sangatlah menghambat dalam kerja.

Page | 3

INDUSTRIAL SCREENING & CLASSIFICATION

Kelompok 5

Gambar Vibrating Grizzly

Trommel Screen Seperti halnya Vibrating Grizzly screen yang bekerja dengan cara mengaduk dan bergetar, Trommel screen pun bekerjanya hampir serupa,yaitu yang bergerak adalah silinder di dalamnya yang akan memisahkan material tersebut dari yang berukuran kasar hingga berukuran yang akan dipergunakan.Dan dapat memisahkan partikel yang kering maupun yang basah dan mengandung lumpur.

Page | 4

INDUSTRIAL SCREENING & CLASSIFICATION

Kelompok 5

Performance of Screens Screen Screen merupakan suatu permukaan yang memiliki banyak apertures dalam suatu ukuran tertentu. Material yang memiliki berbagai macam ukuran akan melewati atau tertahan di screen ini tergantung kepada ukuran partikel yang lebih kecil atau lebih besar dari ukuran aperture screen. Efisiensi kerja screen tergantung atas tingkat kesempurnaan pemisahan material ke dalam fraksi ukuran di atas atau di bawah dimensi/ukuran aperture. Screening dibatasi untuk ukuran material di atas 250 m. Ukuran partikel material yang lebih halus akan dipisahkan melalui metode classification. Screening dalam ukuran mesh, digunakan untuk ukuran 20 mesh atau lebih kasar dari itu. Dapat dalam keadaan kering (dry) atau basah (wet), stationary atau vibrating.

Performance of Screens Efisiensi Screen Mass Balance Screen : F = C + U, jika f = fraksi material feed c = fraksi material yang tertahan screen u = fraksi material yang melewati screen

Page | 5

INDUSTRIAL SCREENING & CLASSIFICATION

Kelompok 5

Maka Efisiensi keseluruhan dari screen :

Jika dianggap coarse material tertahan semua di screen, maka u dapat dianggap = 0(berarti coarse material terseleksi baik), maka efisiensi dapat ditulis :

Pada prakteknya, banyak hal yang mempengaruhi efisiensi screen : Ukuran partikel yang mendekati ukuran aperture. Robeknya aperture.

Faktor-faktor yang mempengaruhi performa Screen : Feed rate : high feed rate diperlukan untuk mengurangi article dweel time. vibration pada screen. Tujuannya untuk meningkatkan efisiensi. Semakin tinggi laju feed(feed rate) makin besar vibratuion yang dilakukan. Sudut datang dan orientasi partikel saat di screen.

Jika partikel tidak berbentuk bola, pada satu sisi memiliki luas area yang kecil untuk melewari scree dan di sisi lain memiliki luas yang berbeda lebih besar yang justru menghambat pergerakan ke screen.

Page | 6

INDUSTRIAL SCREENING & CLASSIFICATION

Kelompok 5

Tabel di atas memperlihatkan chance per 1000 of unristrected passage untuk melewati area aperture dari partikel yang spheric dan memberikan jumlah yang memungkinkan dari rangkaian aperture tersebut untuk dapat dilewati pada screen.

Shaking Screen & Rotating Probability ScreenShaking Screens Adalah sebuah alat yang digunakan untuk menspesifikasikan ukuran dari bijih logam yang akan kita proses sebelum dimasukkan ke dalam bins (tempat penyimpanan).

Page | 7

INDUSTRIAL SCREENING & CLASSIFICATION

Kelompok 5

Prinsip Kerja o menggunakan prinsip gerakan bolak balik (shake) yang bekerja pada kondisi miring o Beroperasi dalam dengan jumlah stroke 60 800 per menit o Mengecilkan ukuran hingga