13041326 Logika Dan Algoritma

download 13041326 Logika Dan Algoritma

of 53

Transcript of 13041326 Logika Dan Algoritma

Nama NPM Kelas Kelompok Program

: DEDE SUPRIADI : 43200700606080234 : Extention :B : S1 / TI

LOGIKA DAN ALGORITMAPENGERTIAN DASARLogika dan Algoritma diperkenalkan Oleh Ahli Matematika : Abu JafarMuhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi.

Logika berasal dari kata Yunani kuno (logos) yang berarti hasilpertimbangan akal pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa.

Definisi Algoritma1. 2. 3. Langkah- langkah yg dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh. Suatu prosedur yg merupakan urutan langkah-langkah yg berintegrasi. Suatu metode khusus yg digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yg nyata.(Webster Dictionary)

Dede Supriadi

- [email protected] - Page 1

TAHAP PENYELESAIAN MASALAH

Masalah Model Algoritma Program Eksekusi Data Hasil

Kriteria Pemilihan Algoritma.Ada Output, mengacu pada definisi algoritma, suatu algoritma haruslah mempunyai output yang harus merupakan solusi dari masalah yang sedang diselesaikan Efektifitas dan Efesiensi, Dikatakan efektif jika algoritma tersebut menghasilkan suatu solusi yang sesuai dengan masalah yang diselesaikan dalam arti algoritma harus tepat guna.Dikatakan efisiensi jika waktu proses suatu algoritma relatif lebih singkat dan penggunaan memori komputernya lebih sedikit. Jumlah Langkahnya Berhingga, maksudnya adalah barisan instruksi yang dibuat harus dalam suatu urutan tertentu atau harus berhingga agar masalah yang dihadapi dapat diselesaikan dengan tidak memerlukan waktu relatif lama.

Dede Supriadi

- [email protected] - Page 2

Contoh : Sebuah prosedur ketika akan mengirimkan surat kepada teman: Tulis surat pada secarik kertas surat Ambil sampul surat atau amplop Masukkan surat ke dalam amplop Tutup amplop surat dengan lem perekat Tulis alamat surat yg dituju, jika tdk ingat, lebih dahulu ambil buku alamat & cari alamat yg dituju, lalu tulis alamat tsb pd amplop surat. Tempelkan perangko pada amplop surat Bawa surat ke kantor pos utk diserahkan pd pegawai pos atau menuju ke bis surat untuk memasukkan surat ke dlm kotak/bis surat.

Sebuah prosedur untuk masalah menentukan akar kuadrat dari suatu bilangan Bulat Positif yg di Input

:

Baca bilangan Bulat Positif yg diinput, sebut saja sebagai ADinyatakan Nilai B adalah 0 Hitung Nilai C yg berisikan Nilai B dikalikan Nilai B Jika Nilai C sama dengan Nilai A, maka Nilai B adalah Akar dari Nilai A, lalu stop. Jika tidak, maka Nilai B akan bertambah 1 Kembali ke langkah pada No. 3

TAHAPAN ANALISA ALGORITMA :Bagaimana merencanakan suatu algoritma.

Dede Supriadi

- [email protected] - Page 3

Menentukan beberapa model atau desain sebagai penyelesaian dari suatu masalah untuk mendapat sebuah solusi yan mungkin. Dengan demikian, akan banyak terdapat variasi desain atau model yang dapat diambil yang terbaik.

Bagaimana menyatakan suatu algoritmaMenentukan model suatu algoritma yang digunakan sehingga dapat membuat barisan langkah secara berurutan guna mendapatkan solusi penyelesaian masalah. Menentukan model tersebut agar dapat digunakan dengan cara :

Dengan bahasa semu (pseudocode), yaitu dengan menggunakan bahasa sehari-hari, tetapi harus jelas dan terstruktur Contoh : menghitung Luas Segi tiga : Untuk Masukan Nilai Alas Masukan Nilai Tinggi Hitung Luas =( Alas * Tinggi ) / 2 Cetak LuasStartMasukan

AlasMasukan Dengan diagram alur atau flowchart, Tinggi

Contoh :Luas = (Alas * Tinggi)/2

Dede Supriadi

Cetak - [email protected] - Page 4 Luas

Stop

Dengan Statement program/penggalan Program Contoh : Read Alas Read Tinggi Luas=(Alas * Tinggi)/2 Write(Luas)Bagaimana validitas suatu algoritma.Yakni jika penyelesaian memenuhi solusi yang sebenarnya, artinya solusi yang didapat merupakan penyelesaian suatu masalah dan bukannya membuat asalah baru.

Bagaimana Menganalisa suatu Algoritma.Caranya melihat running time atau waktu tempuh yang digunakan dalam menyelesaikan masalah serta jumlah memori yang digunakan dalam penyelesaian masalah tersebut.

Bagaimana Menguji Program dari suatu Algoritma.

Dede Supriadi

- [email protected] - Page 5

Yaitu dengan cara menyajikannya dalam salah satu bahasa pemrogramana, misalnya BASIC, PASCAL, FORTRAN, dBase, atau yang lainnya. Dalam proses, uji program oleh komputer akan melalui beberapa tahap yaitu :

Tahap Proses uji Algoritma : Fase Debugging, yaitu fase dari suatu proses program eksekusi yang akan melakukan koreksi terhadap kesalahan program. Yang dimaksud disni adalah error atau salah dalam penulisan program baik logika maupun sintaksnya. Fase Profilling, yaitu fase yang akan bekerja jika program tersebut sudah benar atau telah melalui proses pada fase debugging. Fase ini bekerja untuk melihat dan mengukur waktu tempuh atau running time yang diperlukan serta jumlah memori/storage yang digunakan dalam menyelesaikan suatu algoritma.

Analisis Suatu Algoritma(Untuk melihat faktor efesiensi & efektifitas dari algoritma tersebut), Dapat dilakukan terhadap suatu algoritma dengan melihat pada : Waktu Tempuh (Running Time) dr suatu Algortima. Adalah satuan waktu yang ditempuh atau diperlukan oleh suatu algoritma dalam menyelesaikan suatu masalah. Hal2 yg dapat mempengaruhi daripada waktu tempuh adalah : Banyaknya langkah. Besar dan jenis input data. Dede Supriadi - [email protected] - Page 6

Jenis Operasi. Komputer dan kompilator Jumlah Memori Yang Digunakan.

Sifat - Sifat AlgoritmaBanyaknya Langkah Instruksi Harus Berhingga, Langkah atau Instruksi harus Jelas, Proses harus Jelas dan mempunyai batasan, Input dan Output harus mempunyai Batasan, Efektifitas, Adanya Batasan Ruang Lingkup,

Dede Supriadi

- [email protected] - Page 7

Dede Supriadi

- [email protected] - Page 8

Dede Supriadi

- [email protected] - Page 9

Dede Supriadi

- [email protected] -Page 10

Dede Supriadi

- [email protected] -Page 11

Dede Supriadi

- [email protected] -Page 12

Dede Supriadi

- [email protected] -Page 13

Dede Supriadi

- [email protected] -Page 14

Dede Supriadi

- [email protected] -Page 15

Dede Supriadi

- [email protected] -Page 16

Dede Supriadi

- [email protected] -Page 17

Dede Supriadi

- [email protected] -Page 18

Dede Supriadi

- [email protected] -Page 19

Dede Supriadi

- [email protected] -Page 20

Struktur Data : Konstruksi DasarAlgoritma dibangun dari tiga buah konstruksi ada struktur dasar, yaitu runtutan (sequence), pemilihan (selection) dan pengulangan (repetition)

1. Runtutan Runtutan terdiri dari satu atau lebih pernyataan, setiap pernyataan diakhiri oleh satu baris atau titik koma. Tiap pernyataan dibuat secara berurutan sesuai dengan urutannya. Setiap instruksi dilaksanakan setelah instruksi sebelumnya selesai dilaksanakan.

Dede Supriadi

- [email protected] -Page 21

Misal pertukaran nilai A ke dalam nilai B dengan membutuhkan bantuan C:Masukkan nilai A ke dalam C Masukkan nilai B ke dalam A Masukkan nilai C ke dalam B

2. Pemilihan Pada beberapa hal kita terkadang dihadapkan pada suatu pilihan. Misal:Jika saya tidur larut malam maka saya akan bangun kesiangan

Pernyataan di atas biasa diubah dalam notasi algoritmik demikian: view plaincopy to clipboardprint?1.

if kondisi then aksi

2.

Dede Supriadi

- [email protected] -Page 22

Bahasa Indonesia untuk if adalah jika, dan untuk then adalah maka. Dalam kehidupan sehari-hari dapat kita temui sebagai berikut: view plaincopy to clipboardprint?1.

if saya makan then saya kenyang

2.

Jika pilihan aksi ada 2 view plaincopy to clipboardprint?1.

if bil